apa itu ultralight haiking

Apa itu Ultralight Hiking? Inilah Penjelasannya!

Apa itu ultralight hiking atau backpacking yang saat ini sedang banyak menjadi pembahasan khususnya pada pendakian di Indonesia, yang dimana ultralight hiking sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak lama. Pada kesempatan kali ini oneventure.id ingin membahas apa itu ultralight hiking secara lengkap, jelas dan padat tentunya.

Penjelasan mengenaiApa itu Ultralight Hiking

Apa itu ultralight? Ultralight adalah sebuah cara untuk melakukan sebuah perjalanan alam atau mendaki gunung dengan membawa peralatan dan perbekalan yang ringan dan simpel dengan posedur keamanan yang sudah ada dan mempersiapkan peralatan dengan menyesuaikan kondisi alam yang akan ditempuh.

Simpelnya sih, membawa peralatan dengan keguanaan yang sama namun dengan beban yang ringan tanpa mengurangi peralatan yang diperlukan dan dibutuhkan dalam petualangan alam bebas . Biasanyakan kita lihat pada pendaki gunung khususnya di Indonesia dengan membawa tas carril atau ransel dengan ukuran besar meskipun tidak menandakan bahwa beban yang dibawa berat.

Melakukan kegiatan alam dengan bawaan yang lengkap namun ringan tidak hanya bisa dilakukan oleh perseorangan namun juga bisa kamu lakukan secaa bersama saat kamu mendaki gunung berkelompok dan tentunya akan lebih mengurangi beban lagi, meskipun para pendaki ultralight sering kali melakukannya sendiri atau hanya berdua saja.

3 Hal yang Mengawali Ultralight Hiking

Buat kamu semua yang ingin beranjak dari pendaki konvesional atau pendaki dengan beban dua kulkas menuju pendakian ringan dan aman atau dikenal juga dengan ultralight ada 3 hal yang penting untuk mengawali perubahan kamu.

1. Tas Ultralight Hiking

Untuk mengawali atau hijah menjadi pendaki ultralight hiking yang perlu kamu miliki pertama kali adalah tas, karena dengan kamu membeli tas ultralight mau tidak mau kamu akan menyesuaikan gear atau peralatan lainnya yang muat dibawa oleh tas ultralight yang kamu beli pertama.

Kamu akan merasakan sebuah pebedaan beban yang akan kamu bawa dibandingkan dengan tas carril yang memiliki ukuan 60L bahkan lebih dari itu. Belum lagi ditambah beban tas carrilnya itu sendiri yang sudah memiliki beban sebelum diisikan peralatan lainnya.

Untuk contohya dan bebeapa type kamu bisa join ke grup pada social media facebook IUB atau dikenal dengan Indonesia Ultralight Backpacker, karena tas ransel pada ultralight memiliki type dan motif yang berbeda-beda.

Contohnya tas dengan kapasitas 35-40 lite memiliki beban bersih 400-500 gram saja yang sangat ringan dan nyaman ketika kamu melakukan perjalanan jauh. Banyak juga karya anak bangsa sendiri yang membuat tas ultralight hiking sendiri loh.

2. Tenda atau Tarp Tent Ultralight Hiking

Tarp Tent Ultralight Hiking - Apa itu Ultralight Hiking? Inilah Penjelasannya!
Sumber gambar : bikepacking.com

Untuk penggunaan tenda ultralight hiking ini biasanya para pendaki ultralight ini menggunkan tarp tent dengan kapasitas 1 orang saja dengan ketentuan beban dibawah 1 kg, namun tidak sedikit juga yang menggunakan tarp tent dengan kapasitas 2 orang. Karena tarp tent ini dikenal dengan ringannya beban dan tentunya berbentuk pyramid.

Karena pada tarp tent ini tidak perlu menggunakan frame yang akan menambah beban saja, namun menggunakan track pole dan beberapa pasak yang tentunya akan lebih ringan jika kita bawa untuk mendaki sebuah gunung. Dengan hal ini pendakian gunung akan lebih menyenagkan dan memangkas waktu lebih cepat karena membawa beban yang ringan.

Banyak juga tarp tenp karya anak bangsa yang memiliiki kualitas tidak kalah bagus dengan barang impor, karena memang bahan yang digunakan untuk membuat tarp tent ini berasal dari luar juga. Ini hal kedua yang terpenting untuk hijah ke ultralight hiking.

3. Sleeping Bag Ultralight Hiking

Sleeping Bag Ultralight - Apa itu Ultralight Hiking? Inilah Penjelasannya!

Hal yang ketiga yang perlu kamu perhatikan jika ingin hijrah ke ultralight hiking adalah slepping bag, dimana pada sleeping bag ini diperlukan kenyamanan dan sefty untuk kamu bawa dan miliki, tidak hanya ringan namun juga mempu mengahatkan tubuhmu dari udara dataran tinggi atau pegunungan.

Biasanya para pengiat alam bebas dengan menggunakan ultralight ini membawa alumunium foil sebagai pengganti matras dan memang fungsinyapun bisa lebih banyak dari matras itu sediri. Selain sebagai alas alumunium foil juga mampu membuat tubuh tetap hangat dan bisa mencegah terjadinya hipotermia yang dapat menyebabkan kematian.

Carilah slpeeing bag yang ringan namun dengan kualitas yang bagus, tidak mengapa harga mahal namun kenyamanan dan keselamatan kamu saat kamu berisirahat di tarp tent bisa lebih maksimal dan bangun dengan kondisi badan yang fit atau memiliki energi maksimal.

Mungkin, itu saja dulu pembahasan mengenai apa itu ultralight hiking yang bisa oneventure.id bahas jika ada kekurangan akan kami perbaiki dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang positif ya, agar webisite ini bisa terus bekembang lebih baik. Terima kasih, salam lestari!

Tinggalkan komentar